Alergi makanan pada anjing merupakan kondisi yang cukup sering terjadi. Biasanya akan terlihat ketika pemilik melakukan pergantian pakan secara tiba-tiba ataupun memberikan pakan dengan kandungan yang bisa menyebabkan alergi pada anjing.

Beberapa anjing bisa sangat sensitive terhadap sumber proteinnya (ayam, daging, ikan, telur) dan laktosa (susu, keju). Umumnya gejala yang ditunjukkan sama dengan gejala alergi yang muncul pada manusia. Alergi makanan pada anjing bisa sangat menyiksa. Seringkali pemilik anjing tidak menyadari bahwa anjingnya terkena alergi karena gejala yang ditunjukkan dianggap biasa. Oleh sebab itu, penting untuk segera mengetahui penyebab alerginya.

Kondisi alergi akibat makanan juga bisa terjadi kalau anjing diberi makanan yang sebelumnya belum pernah diberikan, sehingga tubuh memberikan reaksi berlebihan terhadap makanan tersebut.

Meskipun alergi merupakan respon imun, obat anti alergi tidak dapat menyembuhkan alergi makanan dan hanya akan mengurangi gejalanya saja. Oleh sebab itu penting untuk mengontrol apa yang dapat dan tidak dapat dikonsumsi anjing Anda. Perhatikan pemberian makanan pada anjing Anda. Jangan berikan makanan yang mengandung bahan yang dapat menyebabkan alergi pada anjing Anda.